Jumat, 19 Oktober 2012

BUDIDAYA ANGGUR


http://serbatani.blogspot.com/
Pola Tanam Buah Anggur
Hal pengaturan jarak tanam buah anggur merupakan perihal yang penting diperhatikan sesuai dengan larikan karena arah datangnya angin sangat besar pengaruhnya. Pola jarak tanam yang direkomendasikan adalah (3M x 3M), (4M x 4M), (3M x 5M), (3M x 4M), (4M x 5M), (4M x 5M), (3M x 5 M) dan (4M x 6M) sehingga untuk lahan 1 hektar maka jarak tanam dengan pola 3M x 3M maka jumlah pohon yang bisa ditanam sekitar 1.111, untuk 4M x 4M maka jumlah pohon anggur sebanyak 625 pohon, dst. Berarti semakin dekat jarak pohon yang ditanam maka jumlah pohon yang ditanam smakin banyak jumlahnya.
Lubang Tanam

Untuk lubang tanamnya berukuran 60 x 60 x 60 Cm yang disesuaikan dengan jarak tanam, isi lubang berupa campuran tanah, pasir dan pupuk kandang. Perbandingan masing-masing adalah 1:1:1 atau 1:1:2.
Cara Penanaman
Cara penanaman bibit anggur yang baik yaitu saat musim kemarau (bulan Juni dan Juli) - lihat juga Daerah Atau Tempat Yang Cocok Untuk Menanam Buah Anggur. Setiap tanaman perlu lahan 20 m² termasuk para-paranya yang harus dipersiapkan sebelum tanamannya tumbuh. Para-para ini berguna untuk merayapkan batang dan cabangnya secara mendatar pada ketinggian 2 m. Selain para-para, buah anggur juga memerlukan ajir bambu untuk titian setelah bibit ditanam, agar dapat menjalar ke atas menuju para-para tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar